Selasa, 06 Januari 2009

FMC

FMC (fixed mobile convergence) secara umum diartikan sebagai persandingan antara teknologi seluler dan wifi digabung menjadi satu jenis layanan jaringan yang berada dalam satu telepon selular/ponsel atau penggabungan layanan komunikasi bergerak (mobile) milik seluler dan tetap (fixed) yang dimiliki wifi.

Dapat digambarkan sebagai berikut :
Apabila anda sedang berada di rumah yang letaknya jauh dari kantor anda menerima atau melakukan panggilan kepada teman anda yang berada di kantor maka secara otomatis anda menggunakan layanan jaringan selular sedangkan teman anda menggunakan wifi sebagai fasilitas milik kantor yang dipasang tetap di kantor anda. Sebaliknya apabila anda sedang melakukan pembicaraan kemudian keluar dari mobil anda masuk ke area kantor maka secara otomatis pula ponsel anda beralih menggunakan jaringan wifi, demikian seterusnya juga apabila di rumah anda telah terpasang jaringan wifi.

Pada saat itu FMC akan secara seamless memindahkan pembicaraan yang masih berlangsung tersebut ke jaringan seluler tanpa terjadi gangguan ataupun drop call. FMC dapat ditinjau dari beberapa tipe arsitektur yaitu diantaranya adalah tipe berbasis UMA (unlicensed mobile access) dan tipe berbasis SIP (session initiation protocol).

Tipe UMA menerapkan teknologi tunneling GSM melewati jaringan Wi-Fi dimana dilakukan encapsulation terhadap signaling dan bearernya. Model UMA tidak mendukung protokol SIP, sehingga MSC (mobile switching center) yang ada masih dapat dipertahankan dan bertanggung jawab melakukan switching dan call control.

Tipe SIP yaitu model FMC yang berbasis pada teknologi IMS (IP multimedia subsystems) yang standarisasinya dikerjakan oleh 3GPP (The Third Generation Partnership Project). IMS merupakan next generation network (NGN) yang mampu menggantikan teknologi switch atau exchange yang sekarang ini masih berbasis pada circuit atau TDM (time division multiplexing).

Mobile Switching Center (MSC) dari jaringan seluler yang sudah ada tetap dipertahankan dan IMS akan berkerja bersama dengan MSC tersebut dengan konsep roaming, sehingga salah satu network akan menjadi home network dan yang lain akan menjadi visited network. Pada jaringan 3G, dimana semua infrastrukturnya adalah IP, maka semua fungsi-fungsi MSC akan tergantikan oleh IMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar